Bisnis apapun
memiliki peluang yang sama besar untuk menjadi sukses. Penulis merangkum tiga
tip utama yang harus dimiliki bisnis apa pun apabila ingin memenangkan
persaingan. Penulis juga selalu berusaha menerapkan ketiga tip berikut yang
merupakan prinsip dasar dalam menjalankan bisnis
- BE THE FIRST (MENJADI YANG PERTAMA)
Sebagai orang yang pertama dalam menjalankan suatu jenis bisnis akan
memberikan Anda peluang kesuksesan lebih besar dibanding menjadi follower
(pengikut). Menjadi yang pertama membuat Anda dikenal lebih awal dan dianggap
sebagai pelopor di bisnis Anda. Sebuah kategori produk/jasa yang benar-benar
baru menjadikan Anda pemain tunggal di kategori tersebut dan tidak perlu
berkompetisi dengan pebisnis lain. Pasar hanya perlu diedukasi tentang manfaat
dan fitur produk/jasa yang Anda tawarkan jika produk tersebut memang memberikan
solusi bagi konsumen. Setelah itu, tinggal nunggu waktu untuk melihat bisnis
Anda menggelinding seperti bola salju meraih kesuksesan.
Menjadi yang pertama bukan berarti harus menjadi yang pertama didunia.
Memang, jika bisa menjadi yang pertama di dunia hamper bisa diperkirakan Anda
akan jadi penguasa bisnis di produk/jasa tersebut. Namun, jangan berkecil hati,
Anda tidak harus menjadi yang pertama di dunia, tetapi jadilah yang pertama di
kota Anda. Produk/jasa yang sukses di kota lain bisa di contoh atau Anda
bekerja sama dengan pemilik produk tersebut. Jika hal tersebut tidak
memungkinkan, lakukan pengamatan, lalu tiru dan modifikasi agar dapat
menghasilkan produk/jasa yang hampir mirip.
Hampir semua ide-ide bisnis adalah bisnis yangsukses di negeri orang
dan belum ada pemainnya di Negara kita. Ini membuka peluang Anda untuk menjadi
yang pertama di Indonesia. Oleh karenanya, cermati ide bisnis yang ada dan
segera tentukan pilihan. Produk/jasa dari ide-ide bisnis di sini tidak harus
dibeli langsung dari negeri luar, tapi cukup Anda buat tiruannya dan modifikasi
sesuai dengan konsumen di Indonesia.
- BE THE DIFFERENT (MENJADI YANG BERBEDA)
Peta persaingan bisnis saat ini seperti perang yang berdarah-darah.
Kompetisi sangat keras, ia akan melindas pemain yang tidak bisa bersaing.
Karena itulah, Anda harus bisa bersaing dengan menyediakan produk/ jasa yang
memiliki keunggulan. Keunggulan inilah yang membedakan Anda dengan competitor.
Produk/jasa Anda akan langsung dikenal konsumen karena perbedaan tersebut.
Mulai detik ini, pikirkanlah diferensiasi (perbedaan) yang dapat
ditampilkan dalam bisnis Anda. Cari dan buatlah perbedaan sebagai keunggulan
kompetitif Anda terhadap pesaing. Jangan sekedar berbeda, tapi perbedaan
tersebut haruslah sebuah nilai jual yang tidak dimiliki competitor dan tentu mempunyai
nilai tambah bagi konsumen. Hindari penggunaan faktor harga sebagai pembeda
produk Anda dengan kompetitor. Tapi carilah faktor pembeda lainnya.
- BE THE BEST (MENJADI YANG TERBAIK)
Tidak mudah menjadi yang terbaik di segala bidang. Carilahsatu faktor
yang bisa Anda kerjakan dengan sangat baik sehingga karena faktor tersebu,
bisbis Anda menjadi yang paling baik daripada competitor. Anda cukup menjadi
terbaik di segala faktor. Dengan satu faktor itulah, membuat bisnis anda
dilirik oleh para konsumen dan sulit bagi para konsumen menolak tawaran dari
Anda. Karena konsumen tidak akan mendapatkan faktor terbaik tersebut dari
competitor Ada.
Sumber:
Malahayati dan Hendry E.
Ramadhan, 99 Bisnis Anak Muda (Jakarta: penebar Plus, 2010)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar