Winnie The Pooh - Piglet Lidwina Mayang: TIP MENJALANKAN BISNIS

Sabtu, 28 April 2012

TIP MENJALANKAN BISNIS


Bisnis apapun memiliki peluang yang sama besar untuk menjadi sukses. Penulis merangkum tiga tip utama yang harus dimiliki bisnis apa pun apabila ingin memenangkan persaingan. Penulis juga selalu berusaha menerapkan ketiga tip berikut yang merupakan prinsip dasar dalam menjalankan bisnis

  1. BE THE FIRST (MENJADI YANG PERTAMA)
Sebagai orang yang pertama dalam menjalankan suatu jenis bisnis akan memberikan Anda peluang kesuksesan lebih besar dibanding menjadi follower (pengikut). Menjadi yang pertama membuat Anda dikenal lebih awal dan dianggap sebagai pelopor di bisnis Anda. Sebuah kategori produk/jasa yang benar-benar baru menjadikan Anda pemain tunggal di kategori tersebut dan tidak perlu berkompetisi dengan pebisnis lain. Pasar hanya perlu diedukasi tentang manfaat dan fitur produk/jasa yang Anda tawarkan jika produk tersebut memang memberikan solusi bagi konsumen. Setelah itu, tinggal nunggu waktu untuk melihat bisnis Anda menggelinding seperti bola salju meraih kesuksesan.
Menjadi yang pertama bukan berarti harus menjadi yang pertama didunia. Memang, jika bisa menjadi yang pertama di dunia hamper bisa diperkirakan Anda akan jadi penguasa bisnis di produk/jasa tersebut. Namun, jangan berkecil hati, Anda tidak harus menjadi yang pertama di dunia, tetapi jadilah yang pertama di kota Anda. Produk/jasa yang sukses di kota lain bisa di contoh atau Anda bekerja sama dengan pemilik produk tersebut. Jika hal tersebut tidak memungkinkan, lakukan pengamatan, lalu tiru dan modifikasi agar dapat menghasilkan produk/jasa yang hampir mirip.
Hampir semua ide-ide bisnis adalah bisnis yangsukses di negeri orang dan belum ada pemainnya di Negara kita. Ini membuka peluang Anda untuk menjadi yang pertama di Indonesia. Oleh karenanya, cermati ide bisnis yang ada dan segera tentukan pilihan. Produk/jasa dari ide-ide bisnis di sini tidak harus dibeli langsung dari negeri luar, tapi cukup Anda buat tiruannya dan modifikasi sesuai dengan konsumen di Indonesia.  
  1. BE THE DIFFERENT (MENJADI YANG BERBEDA)
Peta persaingan bisnis saat ini seperti perang yang berdarah-darah. Kompetisi sangat keras, ia akan melindas pemain yang tidak bisa bersaing. Karena itulah, Anda harus bisa bersaing dengan menyediakan produk/ jasa yang memiliki keunggulan. Keunggulan inilah yang membedakan Anda dengan competitor. Produk/jasa Anda akan langsung dikenal konsumen karena perbedaan tersebut.
Mulai detik ini, pikirkanlah diferensiasi (perbedaan) yang dapat ditampilkan dalam bisnis Anda. Cari dan buatlah perbedaan sebagai keunggulan kompetitif Anda terhadap pesaing. Jangan sekedar berbeda, tapi perbedaan tersebut haruslah sebuah nilai jual yang tidak dimiliki competitor dan tentu mempunyai nilai tambah bagi konsumen. Hindari penggunaan faktor harga sebagai pembeda produk Anda dengan kompetitor. Tapi carilah faktor pembeda lainnya.   
  1. BE THE BEST (MENJADI YANG TERBAIK)
Tidak mudah menjadi yang terbaik di segala bidang. Carilahsatu faktor yang bisa Anda kerjakan dengan sangat baik sehingga karena faktor tersebu, bisbis Anda menjadi yang paling baik daripada competitor. Anda cukup menjadi terbaik di segala faktor. Dengan satu faktor itulah, membuat bisnis anda dilirik oleh para konsumen dan sulit bagi para konsumen menolak tawaran dari Anda. Karena konsumen tidak akan mendapatkan faktor terbaik tersebut dari competitor Ada.

Sumber:
Malahayati dan Hendry E. Ramadhan, 99 Bisnis Anak Muda (Jakarta: penebar Plus, 2010)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar